Monday, October 13, 2014

AKSIOMA Kota Yogyakarta 2014


   Halo :)
   Lagi-lagi kali ini aku akan cerita. Gak bosen kan baca pengalaman-pengalamanku? Semoga nggak ya. Nah Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku ikut AKSIOMA. Ada yang belum tau AKSIOMA itu apa? AKSIOMA itu ajang kompetisi kesenian dan olahraga yang diadakan kemenag untuk sekolah-sekolah dibawah kemenag, ya sebut aja madrasah. Ajang ini terdiri dari banyak tingkatan. Tingkat kota, propinsi, dan terakhir nasional. Tapi untuk tahun ini hanya sampai tingkat propinsi, karena tingkat nasional hanya diadakan dua tahun sekali dan tahun kemarin sudah terlaksana, artinya tingkat nasional selanjutnya akan diadakan tahun depan. Aku berharap masih bisa ikut untuk tahun depan, amin.

   Kemarin (11/10) aku ikut dan sekian banyak siswi lain dari sekolahku mengikuti AKSIOMA tingkat kota Yogyakarta. Dilaksanakan di MAN Yogyakarta 1, depan Mirota Kampus Fashion. Seperti biasa, kita diantar pihak sekolah kesana. Setelah pembukaan semua peserta diminta langsung menuju tempat pelaksanaan lomba masing-masing. Seperti biasa juga aku ikut Kaligrafi. Aku dan tiga teman satu sekolahku yang juga mengikuti lomba ini terlambat masuk ke ruangan lomba. Waktu yang diberikan hanya sekitar 4 jam lebih. Media yang disediakan adalah kertas linen 50x60, boleh juga membawa kanvas sendiri dengan ukuran serupa. Dan kami memilih mebawa kanvas sendiri, karena sudah terlanjur membawa. Anak MAN Yk 1 yang berjaga di ruangan lombaku manis loh *eh. Aku gak tau namanya sih, tapi orangnya pake kacamata full frame. So cute. Selama membuat karya gak sedikit tuh orang yang ngeliatin kita melukis. Oh iya fyi aja nih aku paling gak suka kalau lagi bikin karya diliatin, bikin kagok. Aku dan temen-temenku sempet kekurangan minyak untuk melukis. Akhirnya kita minta tolong sama teman satu sekolah yang kebetulan lagi ngintip-ngintip ke ruangan kita. Dan hasilnya beberapa menit setalah itu datanglah satu botol tanggung bensin, what a relief.

Sumber
   Aku selesai terakhir. Soalnya aku masih belum yakin sama karyaku. Kurang rapi tulisannya. Setelah beberapa kali berusaha memperbaiki akhirnya sama aja. Hopeless. Gak lama waktu pun habis, aku langsung beres-beres dan bergegas keluar ruangan. Begitu keluar langsung menuju masjid untuk sholat dzuhur. Sebelum acara penutupan dan pengumuman aku sempet nonton final lomba bulu tangkis putri, of course mendukung sekolahku. Baru setelah itu peserta diminta naik ke aula. Pengumuman lomba kaligrafi mendapat giliran terakhir. Berdebar-debar nunggu pengumuman. Barharap jadi juara 1 dan lanjut ke tingkat propinsi. Dan... namaku pun disebut pertama kali untuk kategori kaligrafi lukis putri. It means aku dapet juara 3, it's ok bisa coba lagi tahun depan. 

   Walaupun bukan juara 1 dan belum bisa lanjut ke propinsi aku udah bersyukur. Lagipula masih ada tahun depan untuk memperbaiki. Siapa tau tahun depan malah sampai ke tingkat nasional? Amin, semoga aja. Lumayan lah pulang gak dengan tangtan kosong. Pulang membawa piala mungil dan satu amplop uang pembinaan. Perlu disyukuri itu, ya gak?

TIPS
   Buat kalian yang belum bisa mencetak prestasi di usia produktif kalian aku saranin untuk mencoba aktif. Mungkin masalah kalian adalah belum menemukan bidang yang menjadi passion kalian, aku paham. Aku punya solusinya.
  1. Selalu mencoba. Coba cemplungin diri di bidang yang kamu senangi. Semakin banyak kamu mencoba semakin besar kesempatanmu untuk menemukan passion-mu.
  2. Hargailah proses. Proses emang seringnya butuh pengorbanan. tapi jangan lupa hasil yang akan kamu terima akan setara dengan pengorbananmu bahkan lebih. Jangan pernah sesali pengorbanan kalian.
  3. Mau belajar. Ini penting, karena gak semua yang kita senangi adalah yang kita kuasai. Dengan mau belajar hal-hal yang belum kamu kuasai kamu bisa tau seberapa kemampuan kalian untuk mempelajari itu, semakin mudah bidang itu kamu pelajari kemungkinan itulah passion-mu.
    Mugkin baru segitu yang bisa kukasih. Sewaktu-waktu bisa bertambah. Kalau kalian bisa mempraktikkan tiga tips diatas insyaallah kalian bisa kok. Lain kali aku ceritain deh pengalamku bangkit dari keterpurukan di masa MTs. Makanya pantengin terus blogku, oke?
    See ya :)
Alma Najmia Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment