Friday, May 23, 2014

POSPEDA DIY 2014


   Ada yang gak tau POSPEDA itu apa? POSPEDA itu Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Daerah yang rutin diadakan. Sebelum maju ke POSPEDA, kemenag kota pasti mengadakan seleksi terlebih dulu untuk menentukan siapa yang akan mewakilkan kota. Yap, sekolahku bisa dibilang termasuk kategori pondok pesantren. Dan sekolahku masuk kota Jogja. Pemerintah kota banyak menyerahkan perwakilan ke sekolahku. Diantaranya untuk lomba kaligrafi hiasan mushaf al-quran putri, membaca puisi, pidato bahasa inggris putri, senam santri, pencak silat putri, bulu tangkis putri, tenis meja putri, dan banyak lagi. Proud of my school.

   Aku pernah bilang kan kalau aku punya bakat -ehem- di kaligrafi. Aku juga pernah cerita ke kalian tentang aku yang bolos sekolah. Nah, aku bolos untuk latihan seleksi kota. Dan ternyata tindakan nekatku berujung manis, aku diutus menjadi perwakilan kota Jogja di ajang POSPEDA 2014 cabang kaligrafi hiasan mushaf putri. Tapi sayang temenku si A gak jadi mewakili kota Jogja. Aku jadi gak enakan sama si A karena ini.

   Seleksi kota sudah cukup menguras tenagaku. Aku dan si A sama-sama percaya kalau untuk seleksi kota kita harus membuat karya di kantor Kemenag pada hari Senin (12/05). Dan waktu hari Senin di Kemenag kita malah ditanya sama Pak Okta tentang karya kita untuk dikumpulkan. Aku dan A bingung. Jadilah Pak Okta ngasih tambahan waktu. Terakhir pengumpulan karya menjadi hari Selasa (13/05).

   Sepulang dari Kemenag aku dan A mencari bahan-bahan untuk membuat karya. Artinya malam itu aku dan A harus lembur untuk buat karya. Kita pun beli kopi instan dan snack buat jadi temen lembur. Dan untuk malam itu aku memutuskan untuk nginep di asramanya si A, secara ilegal tentunya. Akhirnya semaleman kita bikin karya. Tapi kita malah ketiduran pas tengah malem. Ya, ketiduran diantara alat lukis. Paginya karya kita belum ada yang kelar. Aku sama A sma-sama gak enak badan, kepala rasanya berat banget. Kita pun jadi gak masuk sekolah hari itu. Itung-itung nyelesein karya. Si A udah nyelesein karya tepat sebelum temen-temen yang lain berangkat sekolah. Sedangkan aku? BELOM. Akhirnya aku kebut nyelesein karya, yang mana harus diserahin ke Kemenag sebelum jam 8 pagi. Dan aku berhasil, selesai jam setengah 8. Setelah selesai aku tinggal bingung gimana caranya ngumpulin karya ke madrasah tanpa ditanya-tanya. Dan akhirnya aku nekat ke madrasah dan di gerbang aku ketemu satpam. Untungnya bukan satpam yang curigaan. Aku ngasih karyaku dan bilang untuk Bu Yunita. Dan satpamnya gak banyak tanya, huft~ Sorenya aku dikasih info kalau aku lolos, thank god :)

   Oke loncat ke waktu lomba. Hari Selasa (21/05) aku diantar pihak sekolah satu mobil dengan anak tenis meja, dan pidato bahasa inggris ke suatu tempat yang aku gak ngerti itu tempat apa. Pertama nge-drop anak tenis meja yang kebetulan berbeda lokasi denagn lomba kaligrafi dan pidato. Nah setelah berada di lokasi lomba kaligrafi dan pidato disana ternyata sepi banget. Belum banyak yang datang. Gak lama setelah kami bertiga disana datanglah anak dari Ali Maksum, atau biasa disebut Krapyak. Temenku dan aku yang ikut pidato bahasa inggris ngenalin dua orang yang turun dari mobil itu. Tidak lain adalah lawan debat kita berdua waktu lomba debat bahasa inggris di SMAN 1 Kasihan. Dan salah satunya nyebelin banget, namanya Alvin. Kenapa kita bilang nyebelin? Mukanya ngeselin, gak ada ramah-ramahnya padahal udah sering ketemu. Di seleksi AFS, di POSPEDA, tapi dia tetep gak ada ramah-ramahnya. Oke, forget him.

   Lokasi perlombaan semakin ramai. Dari kejauhan aku lihat seseorang yang familiar. Yap anak mu'allimiin, sodaranya sekolahku. Aku cuma tau satu orang, Reka. Karena aku pernah dua kali ketemu dia di lomba kaligrafi. Reka ngampirin aku, nanya aku pake pewarna apa. Aku jawab aja aku pake cat tembok Mowil*x. Dan dia dengan PDnya bilang kalau dia belom beli pewarna. Gubrak. Kemudian pamit mau nyari cat. Aku bingung nih orang kayak gak niat banget ikut lomba ini. -_-

   Setelah semua peserta datang. Registrasi ulang. Peserta mulai memasuki ruangan masing-masing sesuai lomba yang diikuti. Aku sudah masuk ruangan. Tapi Reka belom kelihatan lagi setelah kulihat minjem motor bapak-bapak. Akhirnya ku sms aja dia, kan gak enak kalau waktunya kepotong. Gak lama dia dateng tanpa bawa apapun. Gak satu kresek pun. Dia langsung ambil posisi di depanku. Ternyata dia cuma bawa cat minyak dari asrama. Yang mana gak bakal cukup untuk kertas ukuran 80x60. Ya karena aku baik aku tawarin aja biar pake cat punyaku :D

   Waktu yang dikasih adalah 9 jam. Semuanya dikasih snack dan makan siang. Tapi jarang ada yang makan. Gak mau buang waktu. Aku aja sampe gak makan, cuma minum. Pas dikasih waktu untuk istirahat aku cuma shalat, aku jamak. Dan aku baru selesai ngerjain karya waktu maghrib. Bayangin aja kamu itu duduk di lantai, pake rok, selama 9 jam. Itu capek banget, pegel. Aku pulang bawa 4 kotak. 2 kotak snack dan 2 kotak makan siang dan malam. Lumayan lah buat temen-temen di asrama.

   Setelah beres-beres dan memfoto karya-karya aku pulang. Tadinya aku nawarin Reka buat nebeng. Soalnya waktu lomba di UMY dia juga numpang mobil Mu'allimaat. Tapi ternyata mobil udah penuh. Ketambahan anak bulu tangkis. Dan gak enaknya lagi kita gak langsung pulang ke asrama, kita diajak Bu Yunita nyari sepatu buat lomba atletik besok (22/05). Jadilah kita muter-muter. Tapi gak rugi juga sih kita disogok bakso sama Bu Yunita, haha lumayan lah.

   Sampe di asrama aku masuk ke kamar 1, tempat kumpul teman-temanku. "eh, makan nih mau gak?" kataku sambil masuk. Kata temen-temeku "Alhamdulillah.." terus buka-bukain kotaknya. Jangan heran ya walaupun kita cewek semua kita tetep anak asrama. Yang sering kekurangan makan, keabisan duit, dan segala pengalaman rutin anak asrama. Aku balik ke kamar dan langsung tepar setelah beresin semua. Semoga diberikan hasil yang terbaik, amiin.

   Oh iya ini karya-karya Kaligrafi Hiasan Mushaf yang sempet kufoto, dari kategori putra dan putri;

Karya peserta putra, sumber: Dokumentasi pribadi

Karya peserta putra, sumber: Dokumentasi pribadi
Karya peserta putra, sumber: Dokumentasi pribadi

Karya peserta putra, sumber: Dokumentasi pribadi

Karyaku. sumber; Dokumentasi pribadi

Karya peserta putri, sumber: Dokumentasi pribadi

Karya peserta putri, sumber: Dokumentasi pribadi

Karya peserta putri, sumber: Dokumentasi pribadi

Alma Najmia Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment